Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pakpak Bharat
Berita

WAKIL BUPATI PAKPAK BHARAT BUKA RAKOR PUG DI LINGKUNGAN PEMKAB PAKPAK BHARAT

Jumat, 26 Agustus 2022

Wakil Bupati Pakpak Bharat, Bapak Mutsyuihito Solin, membuka acara Rapat Koordinasi PUG dan Penguatan Focal Point PUG di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat pada hari Kamis, 25 Agustus 2022 bertempat di Aula Bappelitbangda.

Adapun rakor ini bertujuan untuk melihat sejauh mana implementasi program/kegiatan yang responsif gender dan perspektif gender di lingkungan Pemkab Pakpak  Bharat sebagai amanah dari Inpres Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dan Permendagri Nomor 67 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan PUG di Daerah.

Memberikan materi dalam rakor ini adalah Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra, Bapak Petrus Saragih, Plt. Kepala Bappeltibangda, Bapak Harryson F. Sirumapea selaku Ketua POKJA PUG dan Plt. Kepala Dinas PMDPPAKB, Bapak Robincem Habeahan selaku Sekretaris POKJA PUG  dengan peserta adalah pejabat yang memahami tentang perencanaan responsif gender dari semua OPD dan kecamatan di lingkungan Pemkab Pakpak Bharat.

Melalui rapat koordinasi ini disepakati rencana tindak lanjut antara lain : perlunya membuat Perjanjian Kerjasa Sama (PKS) dalam hal data terpilah, penyempurnaan RAD PUG, penguatan Focal Poin di masing-masing OPD, dan evaluasi akhir tahun untuk melihat besaran Anggaran Responsif Gender (ARG) dari setiap OPD guna memastikan apakah program kegiatan OPD sudah mencapai keadilan dan kesetaraan gender.