Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pakpak Bharat
Berita

RAPAT PUG DALAM BENTUK MONEV PPRG TAHUN 2022

Jumat, 2 Desember 2022

Sebagai amanah dari Permendagri Nomor 67 Tahun 2011 tentang Pedoman PUG di Daerah, pada hari Jumat (2/12/2022),  dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi PUG dalam bentuk Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan PPRG Tahun 2022 di Aula Dinas PMDPPAKB diikui oleh seluruh anggota Kelompok Kerja (Pokja) PUG Lingkup Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas PMDPPAKB  (Bapak Robincem Habeahan, SIP. MM) selaku Sekretaris Pokja PUG dan didampingi oleh Driver PUG (Inspektorat, BPKPAD, dan Bappelitbangda). Dalam sambutannya Bapak Robincem Habeahan menyampaikan bahwa kegiatan monev PPRG ini merupakan suatu kewajiban pemerintah daerah untuk menyusun program dan kebijakan yang responsif gender yang tertuang dalam RPJMD, rencana startegis dan Rencana Kerja OPD. Setiap tahun akan dihitung besaran persentase Anggaran Responsig Gender (ARG) dari total APBD.

Selanjutnya rapat monev dipandu oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ibu Herlita Banuarea, SE., MAP dalam bentuk pemaparan materi dan diskusi.  Melalui kegiatan ini diharapkan OPD semakin mampu mengimplementasikan PPRG yang baik sehingga dapat terwujud visi kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang salah satu inidkatornya adalah besaran ARG tahun 2022 terhadap total APBD Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2022 yang dilaporkan dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) setiap tahunnya.