Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pakpak Bharat

Rencana Strategi

PENDAHULUAN

1.1. Latar belakang

Dengan telah dibentuknya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2011-2015 yang memuat program pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat lima tahun kedepan dan didalamnya memuat isu strategis yang menjadi dasar penyusunan Rencana Strategi (Renstra) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Bertitik tolak dari RPJMD tersebut maka Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana, secara terencanamembuat Rencana Strategis (Renstra) selama lima tahun kedepan sehingga perencanaan yang ditentukan dapat terlaksana sesuai dengan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan setiap tahunnya.

Rencana Strategis Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana dibuat berdasarkan Analisis Strategi SWOT sehingga diharapkan dapat mengambil kekuatan dan peluang yang ada, kekuatan dapat menghindari ancaman yang ada dan dapat menggunakan peluang yang ada untuk menutupi kelemahan serta menghindari ancaman dari terminimalisasinya kelemahan yang ada.

1.2. Maksud dan Tujuan

a. Maksud

Rencana Strategis (Renstra) Bapemas, Pemdes, PP dan KB Kabupaten Pakpak Bharat berfungsi sebagai dokumen perencanaan teknis yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah Kabupaten Pakpak Bharat yang memuat visi, misi, arah kebijakan teknis pemerintahan untuk jangka waktu lima tahunan.

b. Tujuan

Renstra Bapemas, Pemdes, PP dan KB Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2011-2015 dibuat sebagai acuan dalam menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang dituangkan dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) Bapemas, Pemdes, PP dan KB Kabupaten Pakpak Bharat.